Kamis, 05 Oktober 2017

Batu AKik Andalusite

Artikel berikut kami bahas mengenai batu permata andalusite, Nama Andalusite berasal dari Andalusia, yang adalah nama wilayah otonom di Spanyol di mana batu ini pertama kali ditemukan. Andalusite dikenal sebagai Aluminum Silicate, dan terkait erat dengan Silimanite dan Kyanite. Bahkan, ketiga mineral tersebut adalah Polymorphs, yang berarti mereka mempunyai komposisi kimia yang sama, tapi memiliki struktur kristal yang berbeda. Batu Andalusite merupakan permata yang sungguh indah, tetapi sayang sebagian besar warga umum tidak mengetahuinya dan dianggap sebagai salah satu jenis permata yang kurang begitu dikenal dalam perdagangan.

Batu Andalusite memiliki kombinasi warna yang berbeda-beda, dan taraf Pleochroism-nya jelas sekali, yang menghasilkan warna yang berbeda bila dilihat dari sudut pengamatan yang berbeda. Kebanyakan batu Andalusite merupakan buram tak tembus cahaya, sampai dengan Translucent (tembus cahaya namun tak transparan), yang benar-benar transparan sangatlah langka. Selama bertahun-tahun, batu Andalusite cuma digunakan sebagai batu kolektor, namun baru-baru ini telah mendapatkan tidak sedikit perhatian dari banyak desainer perhiasan, sehingga menjadikannya semakin populer dalam desain perhiasan. Andalusite memiliki level kekerasan dan daya tahan yang baik, sehingga cocok untuk seluruh jenis program perhiasan. Daya tarik dari Andalusite berasal dari permainan warnanya, yang bisa dilihat melewati perubahan sudut pengamatan. Ketika cahaya masuk dari arah yang berbeda, dampak serupa juga bisa terlihat
Langkah-langkah Mengidentifikasi dan Mengenali Batu Andalusite:

Andalusite memiliki formula kimia Al2SiO5, dan ada beberapa jenis permata lain yang bisa salah dikenali sebagai Andalusite, seperti Tourmaline, Chrysoberyl, Sphene, Smoky Quartz (Kecubung Teh), dan Idocrase. Akibat Pleochroism pada batu ini mempunyai kekuatan yang bervariasi; lemah, menengah, atau kuat. Imbas Pleochroic dikenal sebagai hasil dari penyerapan sinar cahaya yang berbeda, dan fenomena tersebut cuma mampu terjadi pada kristal yang memiliki pembiasan ganda. Batu Andalusite dianggap sungguh Pleochroic, sama seperti Iolite, Kyanite, Kunzite, Sphene, dan Tanzanite. Bahkan Andalusite memiliki Trichroic Pleochroism; Ketika cahaya memasuki batu, yang artinya Beberapa permata dengan akibat Pleochroic lainnya, seperti Kunzite, cuma memiliki Dichroic Pleochroism, yang berarti bahwa batu tersebut hanya menampilkan dua  warna yang berbeda.

Warna batu Andalusite tergantung pada orientasi kristalnya, tetapi mereka biasanya berwarna kuning, kuning-hijau, hijau, merah kecoklatan, hijau zaitun (Olive), dan cokelat kemerahan. Setiap batu memiliki dua  warna yang berbeda intensitasnya, dan sering kali warnanya terlihat baur membaur, terutama pada batu dengan bentuk potongan persegi dan bulat. Bentuk potongan dengan sumbu yang panjang, seperti oval, pir, marquise, atau Emerald-Cut, mencondong menunjukkan 1  warna berada pada tidak jauh pusatnya dan warna lainnya biasanya lebih tidak terang ke arah ujung kristalnya.  saat memotong permata yang memiliki properti Pleochroic, cuma satu  warna saja yang diinginkan dimaksimalkan oleh orang yang memotong permata bakal mencoba untuk meminimalkan akibat Pleochroism-nya dan. Tetapi, pada batu Andalusite, orang yang memotong permata akan melakukan perihal yang sebaliknya, mencoba untuk mengarahkan permata agar menghasilkan campuran warna yang menyenangkan, seperti cokelat keoranyean dan hijau kekuningan atau emas.

Batu Andalusite biasanya buram tak tembus cahaya, sampai dengan Translucent (tembus cahaya tetapi tidak transparan). Spesimen yang buram dikenal sebagai Chiastolite. Inklusi tidak terang pada Chiastolite menghasilkan bentuk seperti salib di dalam batu dan batu ini sering disebut sebagai “Cross Stones”. Chiastolite biasanya berwarna putih, abu-abu atau kekuningan dan agak lunak (kekerasannya hanya lima sampai 5,5 skala Mohs) dibandingkan dengan Andalusite yang transparan. Batu Andalusite yang transparan cukup langka dan hanya tidak banyak saja yang berkualitas permata. Kebanyakan spesimen juga memiliki inklusi, yang paling umum merupakan inklusi jarum (Rutile). Saat dipoles, Andalusite memiliki kemilau indah seperti kaca tapi terkadang terlihat tidak banyak membosankan.

Andalusite yang transparan lebih banyak dipotong facet. Andalusite sungguh jarang dipotong model cabochon, dengan dispensasi varietas yang buram tak tembus cahaya. Warna Andalusite bisa ditingkatkan melewati orientasi pemotongannya. Tanpa pemotongan yang tepat, batu Andalusite tak bakal menampilkan nuansa Pleochroic yang diinginkan, seperti warna cokelat, hijau dan coklat kemerahan. Bentuk potongan oval, marquise, dan Emerald-Cut sangat populer, sebab sumbunya yang tidak pendek bisa memaksimalkan imbas Pleochroic Andalusite. Potongan bentuk persegi dan bulat juga populer lantaran bisa menampilkan warna campuran yang atraktif seperti mosaic. Karena Andalusite adalah salah satu batu permata yang kurang begitu dikenal, bentuk potongan segitiga, hati, dan bentuk unik lainnya tidak begitu umum sebab sedikitnya permintaan pasar.

Batu Andalusite biasanya tak melewati proses treatment apapun untukmeningkatkan kualitasnya, tetap dibiarkan alami, terutama spesimen yang transparan. Beberapa varietas yang buram tak tembus cahaya (Chiastolite) mungkin melalui proses treatment pemanasan atau diisi resin untuk meningkatkan kejelasannya, namun perihal ini sangat jarang terjadi. Saat dipanaskan pada suhu diatas 800, dan beberapa spesimen berwarna coklat bisa memudar menjadi putih tidak bersedia Dan, treatment iradiasi dianggap bisa membalikkan atau mengembalikan warna hasil dari treatment pemanasan itu

Wilayah Penghasil Batu Andalusite:

Andalusite biasanya terbentuk pada placers (deposit pasir atau kerikil pada sungai atau danau, yang mengandung partikel mineral berharga), gneisses (batuan metamorf dengan struktur banded atau foliated, yang material utamanya terdiri dari Feldspar, Quartz, dan Mica), dan schists (batuan metamorf kasar yang terdiri dari lapisan mineral yang berbeda dan bisa dibagi menjadi plat tipis tidak beraturan) sebagai imbas dari sedimen berlempung yang sudah bermetamorfosa. Cenderung bakal menghasilkan kristal yang besar sekali jika ada Deposit Andalusite bisa ditemukan di tidak sedikit lokasi di dunia, seperti Australia, Brazil, Canada, Russia, Spain (Andalusia), Sri Lanka, Burma, Madagascar, dan United States (California dan Colorado).

Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Andalusite memiliki tingkat kekerasan dan daya tahan yang baik, sehingga cocok untuk semua jenis program perhiasan. Batu ini mempunyai tingkat kekerasan 7,5 skala Mohs, sehingga lebih keras daripada Quartz (Kuarsa). Sampai saat ini, batu Andalusite sebagian besar hanyalah digunakan sebagai batu kolektor dan jarang ditemukan dalam perhiasan. Kristal Andalusite tidak umum ditemukan dalam ukuran tidak kecil, sehingga batu ini lebih sering digunakan sebagai batu aksen atau pendamping batu permata utama pada perhiasan. Batu ini juga ideal digunakan sebagai batu cincin, gelang, kalung, bros, liontin, dan lainnya. Sebab mempunyai imbas Pleochroism, cahaya bisa masuk dari banyak sudut dipungkinkan oleh andalusite sangat cocok untuk desain perhiasan yang. Potensi kecantikan Andalusite akan dihilangkan pengaturan perhiasan yang tertutup.
Perawatan Batu Andalusite:

Andalusite cukup tahan lama. Kain atau sikat yang lembut digunakan anda bisa mengusapnya. Sabun ringan atau deterjen bisa digunakan untuk membersihkannya, tetapi wajib dibilas dengan bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun.

Batu Andalusite memiliki fraktur atau patahan yang tidak rata dan Cleavage (kecenderungan kristal untuk pecah terbelah mengikuti struktur kristalnya) yang baik, sehingga tidak sensitif terhadap pukulan sebagaimana sejumlah batu permata lainnya, seperti Tanzanite, Topaz, dan Berlian (Diamond). Biar tidak merekah, tapi, Andalusite tetap wajib dilindungi dari setiap pukulan keras Seperti halnya batu permata berwarna lainnya, hindari penggunaan cairan pembersih berbahan kimia keras.

Kain yang lembut atau letakkan di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain digunakan simpan perhiasan Andalusite dengan cara membungkusnya. Untuk mengawetkan kualitas polesan batu Andalusite dan untuk mencegah terjadinya goresan pada permukaannya, selalu simpan perhiasan Andalusite terpisah dari perhiasan permata lainnya. jual batu akik

1 komentar:

  1. Keren banget. Sangat inspiratif infonya.

    Batu andesit adalah jenis batu alam yg banyak dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan interior dan exterior bangunan atau rumah. Bahkan kini digunakan untuk pengganti paving block. Bila anda tertarik untuk order batu alam andesit buat keperluan pagar, dinding, jalan, trotoar, taman, dll dalam jumlah besar, maka silakan hubungi pabrik batu alam SinergiStone.com yg jual batu andesit. Untuk informasi produk dan harga terbaru, silakan hubungi CS Sinergi Stone sekarang.

    Thanks ya. Semoga kesuksesan menyertai anda dan kita semua.

    BalasHapus